Kampoong Hening

Pernah Merasa Pikiran Berkabut? Kok Bisa?

Pernahkah tiba-tiba kalian merasa sulit fokus, konsentrasi, dan tiba-tiba lamban dalam berpikir? Jika pernah, kalian mengalami yang namanya pikiran berkabut atau akrab dikenal dengan sebutan brain fog. Ketika kita mengalami brain fog, kita akan lambat dalam memproses segala hal yang terjadi di sekitar kita. Istilah brain fog ini disebut juga sebagai gangguan kognitif sebagai salah satu sindrom kelelahan yang membuat kita berpikir secara lamban.

Munculnya brain fog dapat dikaitkan dengan tingginya tingkat depresi yang sedang dialami diri. Hal ini dikarenakan ketika kita mengalami depresi, serotonin pada otak kita mengalami penurunan yang cukup signifikan. Fungsi dari serotonin ini sendiri adalah mengatur fungsi kognitif, memori, dan konsentrasi otak kita. Dengan kata lain ketika kadar serotonin seseorang rendah, akan memengaruhi kemampuan orang untuk berpikir dan mengambil keputusan.

Selain dikarenakan oleh depresi, brain fog dapat disebabkan oleh penyakit kronis yang diderita. Stres yang dirasakan akibat menderita penyakit kronis dapat mengaburkan pikiran seseorang. Beberapa ahli memandang brain fog sebagai cara otak untuk tetap berfungsi saat stres.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top