Kampoong Hening

Praktik Mindfulness dengan Melakukan Meditasi

Mindfulness dapat dilakukan salah satunya dengan cara meditasi. Berbeda dengan meditasi pada umumnya yang melatih mengosongkan pikiran, meditasi mindfulness melatih kita untuk memusatkan pikiran. Hal ini dapat membuat diri lebih berkonsentrasi sehingga dapat meningkatkan tingkat fokus seseorang. Selain membuat lebih fokus, meditasi mindfulness membuat lebih rileks dan juga tenang. Hal ini karena mindfulness membuat kita merasakan emosi tanpa menginterpretasikan apapun. Lantas, bagaimanakah kita melalukan mindfulness dengan bermeditasi?

Berlatih Pernapasan

Ketika bernapas, cobalah untuk memejamkan mata sembari memusatkan pikiran. Tarik nafas yang dalam dan fokus pada udara yang masuk dan keluar dari tubuh. Biarkan emosi negatif ikut mengalir bersama udara-udara tersebut. Walaupun melakukan latihan pernapasan ini sebentar tetap dapat membuat diri kembali menjadi tenang.

Meminum Secangkir Teh atau Kopi

Tentunya pertanyaan muncul pada benak kita, bagaimana meminum teh dan kopi termasuk kedalam jenis meditasi? Ketika meminum secangkir teh atau kopi, cobalah untuk meminumnya secara perlahan dan nikmati rasa serta aromanya. Meminumnya dengan demikian, dapat membuat pikiran lebih tenang.

Meluruskan Niat Sebelum Melakukan Sesuatu

Pastikan diri selalu memiliki niat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Luangkan waktu sebentar sebelum beraktivitas untuk benar-benar memastikan niat dalam diri. Hal ini karena beraktivitas dengan niat akan memaksimalkan aktivitas yang kita lakukan dan membuat kita lebih tenang.

Memerhatikan Nyala Api pada Lilin

Menyaksikan nyala api pada lilin merupakan salah satu bentuk meditasi. Cobalah untuk diam dan fokus menatap api yang menyala pada pucuk lilin. Putarlah instrumen untuk membantu meningkatkan fokus. Biarkan segala bentuk pikiran mengalir tanpa menghakiminya.

Introspeksi Diri

Ketika sedang senggang, sempatkanlah waktu untuk duduk diam sembari meninjau perbuatan yang diri ini lakukan. Melakukan hal ini dapat membuat kita lebih mengenal diri sendiri dan terbebas dari tekanan akibat hal buruk yang dilakukan.

Menerima Diri Sendiri

Terkadang kita terlalu melihat kekurangan diri daripada kelebihan yang dimiliki. Hal ini tentu membuat sebagian orang secara tak langsung tidak menerima dirinya sendiri. Ketika melakukan mindfulness, belajar untuk menerima diri apa adanya itu penting. Karena pun pada dasarnya tidak ada manusia yang sempurna dan semua memiliki kekurangannya masing-masing. Dengan menerima diri sendiri dapat meningkatkan kepercayaan diri untuk beraktivitas kedepan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top