Kampoong Hening

Mindfulness dalam Meningkatkan Fokus Kita

Fokus merupakan hal yang penting untuk dimiliki setiap orang. Hal ini penting ketika kita melakukan suatu kegiatan. Ketika fokus, kita memusatkan pikiran terhadap suatu kegiatan. Ketika memusatkan pikiran terhadap suatu kegiatan, tingkat produktivitas dan kualitas dari apa yang kita lakukan tentunya akan meningkat. Namun, dalam menjalani kegiatan sehari-hari sering kali banyak distraksi yang dialami sehingga seseorang kehilangan fokusnya. Kehilangan fokus bagi seseorang dapat menurunkan tingkat produktivitas dan kualitas seseorang dalam menjalankan suatu kegiatan. Oleh karena itu penting bagi seseorang untuk dapat menjaga tingkat kefokusan dalam hidupnya.

Melatih mindfulness dipercaya oleh para ahli dapat membuat seseorang tetap fokus dalam menjalankan kegiatan. Mindfulness memusatkan pikiran sehingga dapat memberikan respon yang cepat tanggap yang tepat terhadap setiap kejadian. Lantas, bagaimana meningkatkan fokus dapat berpengaruh terhadap kualitas hidup kita?

Memusatkan Pikiran Pada Hari yang Dilalui

Sulit fokus dapat diakibatkan karena kita terlalu memikirkan hari yang akan datang. Pikiran ini dapat membuat rasa khawatir yang berlebih sehingga memengaruhi tingkat fokus yang akan berdampak kepada kualitas kerja seseorang. Oleh karena itu memfokuskan pikiran terhadap hari yang sedang dijalani sangat penting agar pikiran tidak terbelah.

Mengurangi Rasa Cemas Berlebih

Rasa cemas akan muncul ketika kita menghadapi banyak masalah yang harus diselesaikan. Ketika fokus terpecah saat menghadapi hal ini bukannya selesai, masalah dapat menjadi berkepanjangan dan semakin besar. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk dapat menjaga fokus kita terhadap apa yang dihadapi dan menyelesaikannya satu persatu. Ketika pikiran fokus, tentu akan lebih siap untuk menghadapi masalah yang ada.

Lebih Menerima Apapun yang Dirasa pada Diri

Terkadang ada saat dimana kita tidak menerima, bahkan lari dari rasa sakit akan suatu hal yang dihadapi. Padahal, tidak semua situasi negatif dapat untuk dihindari dan malah akan memperbesar hal negatif yang diterima oleh diri. Fokus diperlukan supaya diri dapat menerima situasi apapun yang terjadi dan tidak lari darinya. Ketika kita belajar untuk dapat menerima, diri ini akan terbebas dari hal yang tidak perlu untuk dirasakan.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top