Kampoong Hening

Mindfulness dan Pengaruhnya pada Kesehatan Fisik dan Mental

Mindfulness atau dikenal dengan sebutan meditasi kesadaran merupakan salah satu metode yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan fisik dan juga mental. Melakukan mindfulness membuat kita lebih fokus, menerima, dan tidak menghakimi situasi yang terjadi pada saat ini. Melakukan mindfulness tidak semudah membalikan telapak tangan, melakukannya membutuhkan ketelatenan supaya hasilnya maksimal. Banyak orang yang mencoba melakukan mindfulness namun tidak merasakan manfaatnya. Hal ini karena mereka tidak rutin melatihnya dan berakhir menyerah untuk melakukannya. Padahal, praktik mindfulness memiliki manfaat yang beranekaragam baik bagi kesehatan fisik, maupaun mental. Lantas, apasajakah manfaat mindfulness bagi kesehatan fisik dan mental kita?

Kesehatan Mental

Ketika melakukan mindfulness, segala bentuk emosi negatif akan berkurang. Emosi-emosi tersebut akan datang dan pergi tanpa kita perhatikan dan otak kita akan lebih fokus mengarah kepada hal-hal positif. Hal ini tentunya memengaruhi kondisi kesehatan mental kita menuju ke arah yang lebih positif. Lalu, apasajakah manfaat lain dari mindfulness terhadap kesehatan mental.
– Mengurangi tingkat stres
– Membantu mengendallikan emosi
– Meningkatkan rasa percaya diri
– Mengatasi depresi
– Lebih menghargai diri sendiri

Kesehatan Fisik

Selain bermanfaat terhadap kesehatan mental, praktik mindfulness juga bermanfaat terhadap kesehatan fisik kita. Mindfulness membuat kita lebih menerima dan menyayangi diri. Hal ini membuat kita lebih peduli terhadap pola hidup sehari-hari. Lalu, apasajakah manfaat lain dari mindfulness terhadap kesehatan fisik kita?
– Membantu mengatasi insomnia
– Meningkatkan imunitas tubuh
– Membantu pemulihan pasca operasi
– Mengurangi sakit kronis
– Memperbaiki pola makan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top