Kampoong Hening

Pengaruh dan Manfaat Mindfulness terhadap Pekerja

Mindfulness adalah hal yang tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Mempraktikan hal ini tentunya menjadi salah satu metode yang baik untuk dapat mengontrol emosi kita, terutama orang-orang yang sudah bekerja. Tingkat stres pekerja termasuk tinggi, hal ini dikarenakan setiap hari mereka selalu dihadapkan dengan beban perkerjaan yang mereka lakukan. Mengalami stres bagi pekerja tak hanya mengganggu produktivitas, tapi juga kesehatan seseorang. Survey yang dilakukan oleh perusahaan cigna menunjukan 75% orang mengalami stress yang disebabkan oleh masalah keuangan dan perkerjaan.

Mempraktikan mindfulness menjadi suatu hal yang positif untuk dilakukan di dalam dunia kerja. Hal ini akan memelihara kondisi psikis mereka. Lantas, sebenarnya apa sajakah pengaruh dan manfaat yang akan dirasakan apabila diterapkan di dunia kerja?

Membantu Mengontrol Stres

Mindfulness terbukti dapat mengurasi stres. Dengan mengurangi stres, pekerjaan yang dilakukan akan lebih produktif. Selain itu, pikiran yang mindful juga akan membantu otak bekerja dengan lebih baik

Meningkatkan Kefokusan

Mengerjakan banyak hal di satu waktu terkadang membuat kita pecah fokus dan semua pekerjaan menjadi tidak maksimal. Dengan melakukan mindfulness akan membatasi otak kita untuk fokus ke satu hal dan mencegah melakukan multitasking. Fokus yang terpusat ini dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas dari kerja.

Membuat Lebih Adaptif di Segala Situasi

Dalam dunia kerja, terkadang banyak sekali hal-hal yang tidak terduga dapat terjadi. Di dalam dunia kerja, tentu kita dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan tersebut. Dengan melakukan mindfulness dapat membuat kita lebih siap menghadapi perubahan yang ada.

Menjadi Lebih Baik dalam Memimpin

Ketika menjadi pemimpin di suatu pekerjaan tentu akan merasakan beban yang lebih besar dari yang lainnya. Hal ini menyebabkan tingkat stres yang dialami juga akan lebih tinggi dari yang lain. Hal ini akan berefek kepada fokus dan juga konsentrasi ketika memimpin nantinya. Dengan melakukan mindfulness tentu akan membantu dalam mengatasi hal ini. Mindfulness akan meningkatkan fokus dan juga konsentrasi ketika memimpin sehingga akan meningkatkan kualitas memimpin seseorang.

Meningkatkan Kualitas Komunikasi

Ketika perkerjaan sedang padat, terkadang banyak distraksi yang terjadi sehingga memengaruhi komunikasi yang dilakukan. Banyaknya distraksi dapat menyebabkan kesalahan dalam berkata dan juga mendengar, yang mana dapat menyebabkan kepada perkerjaan yang dibicarakan tidak maksimal. Praktik mindfulness dapat membantu pikiran kembali fokus sehingga dapat memperbaiki kualitas komunikasi yang terjadi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top