Kampoong Hening

Melatih Mindfulness pada Anak, Bagaimana Caranya?

Melatih mindfulness pada anak sejak dini sangat membantu dalam perkembangan diri mereka. Hal ini karena mindfulness dapat menyokong aspek emosional dari si anak. Sehingga, anak dapat lebih siap dalam menghadapi dinamika yang akan dihadapinya selama masa pertumbuhan diri mereka. Hal ini juga akan menjadi bekal bagi hidup mereka ke depan.

Melatih mindfulness si anak dapat dengan mudah dilakukan sembari melakukan aktivitas sehari-hari. Berbeda tentunya dengan penerapan dan pembelajaran pada orang dewasa. Penerapan dan pembelajaran mindfulness pada anak-anak harus disesuaikan dengan cara anak=anak. Hal ini karena berbeda dengan orang biasa, anak-anak akan sulit faham dengan penjelasan secara teori dan harus belajar sambil melakukan. Supaya lebih menarik, dapat dipraktikan menyesuaikan dengan hal yang mereka senangi.

Lantas, apasajakah cara yang dapat membantu kita dalam melatih mindfulness bagi anak?

Melatih Melalui Pernafasan

Hal ini mungkin akan sangat dirasa membosankan oleh anak. Oleh karena itu perlu mencari metode yang menyenangkan untuk diterapkan bersama anak. Praktik melatih melalui pernafasan ini berguna untuk memusatkan pikiran anak pada setiap hembusan nafasnya sehingga dapat membuatnya lebih tenang.

Melatih Melalui Meditasi

Melatih anak melakukan meditasi juga dapat menjadi salah satu metode yang digunakan dalam melatih mindfulness anak. Meditasi mungkin terdengar sulit dilakukan. Hal ini dikarenakan sulitnya anak dapat mengerti hanya dari penjelasan semata. Oleh karena itu, metode terbaik untuk melatih anak melakukan meditasi adalah dengan mencotohkan secara praktik. Hal ini karena anak seringkali mencontoh apa yang dilakukan orang dewasa.

Melatih Anak Merasakan Sekitar

Mindfulness dapat diajarkan kepada anak dengan membimbingnya untuk lebih merasakan sekitar. Hal ini dapat dilakukan dengan membawa anak keluar dan menutup mata anak. Arahkanlah ia untuk lebih merasakan sekitar melalui indera-indera yang ada, lalu minta ia untuk menceritakannya.

Melatih untuk Bersyukur

Bersyukur dapat menjadi salah satu metode untuk melatih mindfulness. Dengan melakukan mindfulness dapat membiasakan anak untuk tetap bahagia dan menghargai apa yang dilalui. Dengan membiasakan hal ini, akan membuat anak lebih dapat menangkap hal positif dari hal yang dilaluinya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top