Kampoong Hening

Metode Meditasi untuk Anda yang Sibuk

Meditasi merupakan aktivitas yang memiliki tujuan untuk menenangkan tubuh dan pikiran, Meditasi merupakan salah satu pilihan yang dapat dilakukan ketika sedang stres dan banyak pikiran. Dalam ilmu psikologi, meditasi diartikan sebagai latihan mental yang bertujuan untuk mengontrol perasaan dan pikiran negatif dalam diri seseorang. Meditasi dapat mencegah kita untuk memendam perasaan dongkol yang mungkin akan meledak di kemudian hari.

Banyak orang sulit menemukan waktu untuk bermeditasi akibat terlalu sibuk beraktivitas. Orang yang memiliki banyak aktivitas cenderung memiliki sangat sedikit waktu luang sehingga kesulitan menemukan waktu untuk bermeditasi. Padahal, terdapat beberapa teknik meditasi sederhana yang dapaat dilakukan ditengah kesibukan kita dalam beraktivitas. Apa saja teknik meditasi yang mudah kita lakukan ditengah sibuknya aktivitas?

Pernapasan

Meditasi dengan teknik pernapasan merupakan salah satu teknik yang mudah dilakukan. Yang dibutuhkan hanyalah mencari posisi yang nyaman dan membuat tubuh kita rileks. Dilanjutkan dengan fokus pada keluar masuknya udara melalui hidung. Jika mulai muncul pikiran-pikiran lain langsung pusatkan pada keluar masuknya napas.,

Musik

Teknik ini dapat dilakukan jika anda kurang fokus hanya dengan pernapasan. Gunakan headset untuk membangun konsentrasi dan fokus sembari mendengarkan alunan musik yang tenang. Hal ini akan membuat Anda merasakan segala sesuatu di sekitar menjadi lebih baik.

Mindfulness

Teknik satu ini menggunakan kesadaran terhadap kondisi diri sendiri dan lingkungan sekitar. Biasanya teknik ini dilakukan dengan membuat afirmasi positif dalam hati berulang kali, seperti “saya bahagia dan sehat, semuanya akan baik-baik saja”.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top