Kampoong Hening

Mengenal Self-Compassion

Setiap manusia diciptakan dengan masing-masing kekurangannya. Terkadang, sulit bagi kita untuk sadar dan mengetahui kekurangan yang ada pada diri kita. Seringkali manusia melakukan apapun untuk dapat terlihat sempurna sampai lupa kekurangan yang dimiliki. Obsesi untuk diterima di lingkungan dapat membuat kita lupa tentang hal yang lebih penting, yaitu diri kita sendiri. Sangat penting bagi kita untuk dapat memahami diri sendiri, salah satunya adalah dengan melakukan self-compassion.

Self-compassion merupakan bagaimana kita bersikap baik dan menerima diri secara tulus. Kesadaran bahwa setiap manusia pasti memiliki kekurangannya masing-masing penting agar kita dapat menerima ketidak sempurnaan yang ada pada diri. Dalam melakukan self-compassion, pemahaman diri terhadap emosi sangat penting. Ketakutan, kecemasan, kesedihan, kehilangan, sakit hati, atau kemarahan. Perasaan bisa menjadi salah satu tantangan terbesar dalam hidup.

Self-compassion dapat digunakan sebagai solusi dalam mengatasi pikiran negatif yang muncul pada diri. Metode ini dapat dilakukan dengan memperlakukan diri sendiri sebagai seorang teman. Selain itu, pikiran negatif juga dapat dibuang dengan menulis hal-hal yang mengganggu pikiran. Menerapkan self-compassion akan membantu menjaga kesehatan emosial dan juga kesehatan mental. orang yang menerapkan teknik self-compassion cenderung memiliki risiko depresi yang lebih rendah. Hal ini dikarenakan ketika menerapkan self-compassion, kita dapat melihat berbagai hal secara luas dan tidak terikat pada satu sudut pandang saja.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top