Kampoong Hening

Mengenal Mindful Communication

Mindful communication merupakan salah satu karakter penting yang idealnya dimiliki oleh setiap individu. Pembentukan karakter ini biasanya dimulai pada rentang usia nol sampai tujuh tahun. Karakter mindful communication merupakan karakter yang menitikberatkan pada perilaku komunikasi yang maksimum dalam simpati serta empati, namun minim iritasi. Seseorang yang tidak memiliki karakter mindful communication pada diri mereka, berpotensi untuk mengalami kesulitan komunikasi dan mengiritasi perasaan orang lain, bahkan juga menyakiti lingkungan sosialnya secara umum. Komunikasi tidak efektif biasanya disebabkan oleh perbedaan gaya dalam berkomunikasi. Perbedaan gaya ini tidak jarang menimbulkan perbedaan persepsi. Oleh karena itu karakter mindful communication penting untuk dimiliki.

Pembentukan karakter mindful communication tidak instan. Masa anak usia emas yaitu nol sampai tujuh tahun menjadi rentang usia yang pas untuk mulai menanamkan karakter ini. Penanaman karakter ini dapat diintegrasikan pada kegiatan sehari hari melalui hal-hal berikut :

Kegiatan Rutin

Kegiatan  rutin merupakan  kegiatan  yang dilakukan  anak usia dini  secara  terus menerus dan konsisten setiap saat. Contoh: kesadaran anak pada kebersihan dirinya  (kuku,  telinga,  rambut,  dan lain-lain)  beribadah dengan keluarga secara  bersama, memulai dengan berdoa waktu mulai dan selesai untuk suatu kegiatan tertentu ( misalnya : makan), mengucap salam atau sapaan bila bertemu orang yang dikenalnya seperti teman atau guru di sekolahnya.

Kegiatan Spontan

Kegiatan  spontan  yaitu  kegiatan  yang  dilakukan  secara  spontan  pada suatu kejadian di luar rencana. Apabila  orang dewasa  mengetahui  adanya perilaku  dan  sikap  yang  kurang  baik,  maka  pada  saat  itu  juga  orang tua  harus melakukan koreksi sehingga anak usia dini tidak akan melakukan tindakan itu berulang. Kegiatan  spontan  berlaku  untuk  perilaku  dan  sikap  anak usia dini yang  baik  sehingga layak  dipuji

Keteladanan

Keteladanan adalah perilaku dan sikap orang tua dalam memberikan  contoh  terhadap  tindakan-tindakan  yang  baik  sehingga diharapkan menjadi panutan bagi anak usia dini. Orang tua adalah orang  yang  pertama  dan  utamamemberikan contoh  berperilaku  dan  bersikap  sesuai  dengan  nilai-nilai  itu.

Pengkondisian

Untuk mendukung keterlaksanaan pendidikan budaya dan karakter mindful communication, orang tua harus dikondisikan sebagai pendukung kegiatan itu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top