Kampoong Hening

Mengenal Apa itu Mindful Movement

Pernahkah kalian berusaha menerapkan hidup sehat? Mulai dari pola makan, pola tidur, dan juga berolahraga? Apakah motivasi kalian? Kebanyakan orang melakukan hal ini dikarenakan menginginkan tubuh yang ideal bukan? Namun, alih-alih mendapatkan tubuh yang ideal, kebanyakan orang malah mengalami stres akibat terlalu memaksakan aktivitas olahraga sehari-hari dan berhenti melakukannya. Oleh karena itu, dibutuhkan cara pandang baru sebagai landasan orang melakukan olahraga. Mindful movement dapat menjadi solusinya!

Mindful movement dapat dikatakan sebagai gerakan penuh kesadaran. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari praktik mindfulness yang dapat diterapkan dalam keseharian dengan mudah. Dengan melakukan mindful movement, kita akan diajak untuk fokus pada setiap gerakan yang kita lakukan dalam aktivitas sehari-hari dibanding melakukan gerakan berat. Banyak orang berhenti dari rutinitas olahraga karena memaksa diri untuk terus melakukan gerakan-gerakan berat yang tidak disukai. Padahal, berolahraga bukan berarti kita harus melakukan gerakan-gerakan berat. Menikmati dan meresapi setiap gerakan yang kita lakukan, itulah mindful movement.

Ketika menerapkan mindful movement, harapannya tidak ada gerakan fisik. Pikiran dan indera-indera adalah komponen yang diharapkan dapat paling aktif ketika melakukan hal ini. Sehingga kalian dapat merasakan sensasi dan dapat mengobservasi sensasi sensasi yang dirasakan pada setiap gerakan yang digunakan. Dengan tidak memaksakan gerakan-gerakan fisik pada diri kalian, kalian akan lebih menghargai tubuh yang kalian miliki. Jadi, dibanding melakukan olahrga untuk memaksa membentuk tubuh yang ideal, gerakan ini berfokus untuk mejadikan tubuh lebih sehat baik secara fisik maupun mental.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top