Kampoong Hening

Mengasuh Anak dengan Mindful Parenting, Bagaimana?

Tentunya anda masih ingat tentang mindful parenting. Metode mengasuh anak yang dilakukan dengan menaruh perhatian penuh pada anak tanpa memberikan penilaian negatif kepada mereka. Metode ini merupakan salah satu contoh dari praktik mindfulness pada aktivitas sehari-hari kita. Tidak hanya bermanfaat pada anak, metode mengasuh ini juga sangat bermanfaat untuk orang tua, baik secara fisik maupun mental. Lantas bagaimana sih cara melakukan mindful parenting dengan benar?

Mencoba untuk Lebih Mendengarkan

Melakukan mindful parenting, orang tua harus belajar untuk lebih mendengarkan anaknya. Jadilah pendengar yang baik untuk anak walau terkadang memang membutuhkan kesabaran yang luarbiasa. Namun, hal ini dapat membantu anda meningkatkan kualitas komunikasi yang baik dengan anak.

Tidak Menghakimi

Ketika anak melakukan sesuatu, seringkali orangtua terlalu menghakimi tanpa tau alasan anak melakukannya. Tentu hal ini harus perlahan dikurangi. Karena orang tua pun tidak bisa menuntut kesempurnaan dari anak.

Melatih Manajemen Emosi

Manajemen emosi sangat penting dalam mindful parenting. seringkali saat anak berperilaku seperti yang tidak diharapkan, orang tua tersulut emosi dan memberi hukuman pada anak. Padahal, hal tersebut bukanlah hal yang baik dilakukan pada anak baik secara fisik maupun mental anak.

Tahu Apa Kebutuhan Anak

Kebutuhan anak merupakan hal yang seharusnya dipahami oleh orang tua. Ketika orang tua hanya memenuhi apa yang diinginkan dan bukan yang dibutuhkan oleh anak, maka akan membentuk kepribadian manca berlebih nantinya.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top