Kampoong Hening

Mengatur Pola Makan dan Minum untuk Kesehatan Mental

Tak hanya kondisi fisik, mengkonsumsi makanan yang sehat juga bermanfaat untuk kondisi psikis tubuh kita. Nutrisi yang baik sangat berpengaruh bagi kesehatan mental kita. Hal ini dikarenakan nutrisi yang baik dapat membantu kita ketika menghadapi gangguan mental. Makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari memengaruhi emosi kita. Pengaruh ini dikarenakan kandungan yang ada didalam makanan dan minuman tersebut. Lantas, pola makan dan minum seperti apakah yang dapat membantu menjaga kesehatan mental kita?

Perbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih dapat membantu menjaga kesehatan mental. Hal ini dikarenakan apabila mengkonsumsi air putih seminimal-minimalnya 2 liter per hari akan menghindarkan kita dari bahaya dehidrasi. Dehidrasi ringan saja dapat menyebabkan kita mudah kelelahan, sulit konsentrasi, dan suasana hati yang mudah berubah.

Hindari Minuman Manis dan Kafein Berlebih

Mengkonsumsi minuman manis dan berkafein sebenarnya sah-sah saja. Namun, ketika kita mengkonsumsinya tentu menjadi tidak baik. Mengkonsumsi minuman manis berlebih dapat merusak enamel gigi, lalu mengkonsumsi kafein berlebih dapat memicu serangan panik. Ketika ingin mengkonsumsi kafein, teh menjadi salah satu pilihan yang baik. Hal ini dikarenakan kadar kafein dari teh lebih rendah daripada kopi.

Sarapan Teratur

Sarapan adalah makanan yang penting bagi rutinitas kita. Sarapan memberikan energi kepada otak dan tubuh kita setelah bangun dari tidur. Oleh karena itu melewatkan sarapan dapat membuat rutinitas awal hari kita terganggu.

Penuhi Kebutuhan Vitamin B9/Asam Folat

Vitamin B9 atau asam folat dapat membantu menurunkan risiko depresi. Kebutuhan asam folat yang harus dipenuhi berbeda beda. Kebutuhan asam folat pada usia 1 sampai 8 tahun adalah 150-200 mcg, usia 9-13 tahun adalah 300 mcg, dan untuk usia 14 tahun keatas adalah 400 mcg. Ibu hamil dan ibu menyusui memerlukan kadar asam folat yang lebih tinggi, yaitu 500 mcg untuk ibu menyusui dan 600 mcg untuk ibu hamil. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan depresi lebih rentan. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top