Kampoong Hening

Rentan Gangguan Mental saat Remaja. Pahami Gejalanya!

Remaja adalah masa yang sangat rentan bagi seseorang. Masa ini merupakan masa dimana seseorang mencari jati dirinya. Oleh karena itu, masa remaja menjadi masa-masa sulit dalam mengendalikan emosi. Hal ini membuat kesehatan mental menjadi hal yang penting bagi remaja. Pada masa sulit mengendalikan emosi seperti ini, kesehatan mental yang baik dibutuhkan untuk berkembang dan beradaptasi terhadap perubahan. Oleh karena itu penting bagi lingkungan terdekat yaitu keluarga, untuk dapat memahami kondisi mental remaja dalam keluarganya. Lalu, apasajakah yang dapat menandakan gejala gangguan mental pada remaja?

Perubahan Suasana Hati yang Tidak Stabil

Salah satu gejala gangguan mental yang mungkin terjadi pada usia remaja adalah perubahan suasana hati yang tidak stabil. Seringkali remaja menjadi lebih mudah marah dan lebih sensitif. Terkadang, hal ini memang menjadi suatu hal yang wajar. Namun, apabila terjadi pada kurun waktu yang cukup lama, maka patut untuk diwaspadai. Karena bisa saja hal ini memengaruhi kinerja di sekolahnya, dan apabila tidak segera ditangani dapat menjadi awal mula depresi.

Jadwal Tidur dan Makan Tak Teratur

Terkadang, melihat remaja tidak nafsu makan dan sulit tidur itu normal. Namun, apabila terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama, patut untuk diwaspadai. Ketidakteraturan ini dalam kurun waktu lama dapat memengaruhi kondisi berat badan. Hal ini dalam jangka waktu panjangpun dapat memengaruhi kesehatan fisik penderita.

Mengisolasi Diri

Jika remaja terlihat mulai menjauh dari lingkungan sekitarnya, maka patut untuk diwaspadai. Mungkin saja ini salah satu gejala bahwa kesehatan remaja tersebut sedang tidak baik-baik saja. Ketika mengalami hal ini, remaja memiliki keinginan yang kuat untuk menyendiri.

Gangguan dalam Akademik

Ketika remaja mengalami gangguan kesehatan mental, maka akan sulit bagi mereka untuk dapat berkonsentrasi. Hal ini tentu akan mengganggu kinerja mereka di sekolah. Dominonya, mereka akan perlahan kehilangan minat disana dan akan tertinggal di sekolahnya. Oleh karena itu perlu waspada ketika melihat remaja yang tiba tiba mengalami nilai yang turun disekolahnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top