Kampoong Hening

Support Pengidap Gangguan Mental? Ini Caranya!

Penderita gangguan mental mengalami suasana hati yang sangat mudah sekali berubah. Lingkungan menjadi salah satu faktor yang penting bagi orang yang mengidap gangguan mental. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui perilaku yang tepat dilakukan kepada orang yang mengidap gangguan mental. Hal ini karena perilaku yang kita anggap biasa saja, seringkali membuat orang yang mengidap gangguan mental semakin terpuruk. Akibatnya, mereka menarik diri dari lingkungan sosial dan menyendiri. Padahal, orang dengan gangguan mental tidak boleh dibiarkan untuk menyendiri.

Lalu, bagaimakah perilaku yang tepat dilakukan kepada orang yang mengalami gangguan mental?

Perhatikan Ucapan

Pengidap gangguan mental akan lebih sensitif daripada orang biasanya. Oleh karena itu kita harus berhati-hati dengan apa yang kita ucapkan karena mungkin tanpa kita sadari akan menyinggung hati mereka. Namun, tetaplah berbicara dengan cara yang sama seperti sebelumnya, agar dia tidak merasakan anda berubah. 

Pahami Kondisi Mereka

Orang dengan gangguan mental seringkali merespon dengan respon yang tidak terduga. Hal ini disebabkan kondisi hati yang tidak stabil. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahaminya dan selalu memberikan respon yang positif kepada mereka dan tetap tenang. Memperlihatkan emosi negatif didepan mereka dapat dengan mudah memancing emosi mereka.

Jadilah Pendengar yang Baik

Salah satu hal yang terkadang diperlukan oleh orang yang mengalami gangguan mental adalah didengar. Ketida mereka menemukan pendengar yang baik, maka perasaan mereka akan lebih mudah membaik. Sayangnya, tidak banyak orang yang mampu untuk dapat menjadi pendengar yang baik bagi pengidap gangguan mental.

Ajak untuk Menemui Tenaga Medis

Ketika sudah mencoba menjadi kerabat yang baik bagi mereka namun kondisi semakin parah,  Yakinkan mereka untuk menemui pihak profesional. Hal ini diperlukan agar mereka segera mendapat penanganan ahli dan mengurangi risiko menyakiti diri sendiri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top