Kampoong Hening

Mengalami Hal Ini? Tandanya Harus Segera ke Psikolog!

Psikolog adalah orang yang mendalami ilmu psikologi atau ahli psikologi. Bidang ilmu tersebut merupakan bidang ilmu yang mempelajari tingkah laku dan mental manusia. Psikolog secara khusus juga adalah seorang praktisi psikologi. Praktisi psikologi ini umumnya berkerjasama dengan psikiater dalam menangani masalah kesehatan mental. Mereka melakukan pencegahan, diagnosa, menganalisis mengapa seseorang terkena gangguan mental.

Berkunjung ke psikolog tak jarang menjadi hal yang disembunyikan seseorang. Mereka takut dianggap lemah dan dicap gila. Bahkan banyak yang pada akhirnya memilih untuk tidak mengunjungi psikolog karena hal tersebut. Padahal berkonsultasi dengan psikolog sangat amat memiiki manfaat besar dalam kehidupan. Tidak harus menunggu terkena gangguan mental terlebih dahulu baru mengunjungi psikolog.

Lantas, apasajakah tanda kita harus segera mengunjungi psikolog?

Sedih dalam Jangka Waktu Panjang

Memiliki perasaan sedih tentu normal bagi kita manusia yang masih memiliki perasaan. Namun, jika rasa sedih tersebut berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, kita patut waspada. Terlebih, jika rasa sedih tersebut diakibatkan tanpa ada alasan dan jelas dan mulai mengganggu aktivitas sehari-hari anda.

Sulit Fokus

Terkadang kita melakukan kesalahan dan membuat masalah dalam hidup. Hal ini tentu menambah beban pikiran kita dan membuat kita tidak fokus menjalani aktivitas sehari-hari. Ketika hal ini terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, segeralah berkonsultasi ke psikolog. Dalam hal ini, psikolog mungkin dapat membantu menemukan jalan keluar untuk masalah anda.

Mencari Pelarian yang Tidak Positif

Ketika kesulitan menangani masalah yang dihadapi, orang tentu akan mencari pelarian dari masalah tersebut. Bagus apabila pelarian tersebut adalah kegiatan positif. Namun, apabila pelarian tersebut adalah kegiatan negatif yang merugikan diri seperti merokok, alkohol, dan juga narkoba, segeralah berkonsultasi dengan psikolog. Jangan biarkan pelarian anda malah membuat kondisi anda semakin terpuruk.

Rasa Cemas Berlebih

Cemas akan suatu hal itu wajar. Hal tersebut merupakan salah satu respons tubuh dalam menghadapi suatu masalah. Namun, ketika rasa cemas ini tak kunjung hilang sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, segeralah mengunjungi psikolog. Tanda kecemasan ini dapat berupa sesak napas, badan bergetar, jantung berdebar, dan hal lainnya.

Muncul Rasa Ingin Menyakiti Diri Sendiri

Bagi beberapa orang, menyakiti diri sendiri merupakan pelarian terbaik ketika tidak dapat menyelesaikan suatu masalah. Bagi mereka, Menyakiti diri sendiri dapat menggantikan rasa sakit akibat masalah yang dihadapi. Beberapa orang menganggap dengan menyakiti diri sendiri merupakan pengadilan atas perbuatan mereka. Ketika mengalami keinginan ini, segeralah berkonsultasi dengan psikolog sebelum terlambat.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top