Kampoong Hening

Mengenal Jenis Kepribadian Manusia, Anda yang Mana?

Manusia adalah makhluk yang memiliki berbagai macam sifat, pola pikir, dan emosi. Hal-hal tersebut saling berpadu dan membentuk kepribadian seseorang. Kepribadian juga dapat didefinisikan sebagai ciri-ciri yang menonjol pada seseorang. Dari banyaknya orang di dunia, setiap individu memilliki kepribadian yang berbeda dan sangat amat beragam. Kepribadian inilah yang menentukan bagaimana orang bersikap dalam kesehariannya.

Mungkin kita umum dengan tipe kepribadian introvert dan ekstrovert. Kepribadian introvert adalah orang yang lebih suka menghabiskan waktu sendiri dan tidak suka menjadi pusat perhatian. Kepribadian ekstrovert adalah orang yang lebih suka keramaian. Namun, yang akan kita bahas disini adalah jenis-jenis kepribadian menurut buku The Four Temperament yang meliputi sanguinis, koleris, plegmantis, dan koleris.

Sanguinis

Kepribadian ini mirip seperti kepribadian ekstrovert dan dibilang sebagai kepribadian yang mudah disukai oleh orang-orang. Orang dengan kepribadian sanguinis biasanya memiliki sifat periang dan banyak bicara, Selain itu, orang dengan kepribadian sanguinis terkenal dengan optimisme yang tinggi.

Melankolis

Kepribadian melankolis merupakan kepribadian yang bertolak belakang dengan sanguinis, kepribadian melankolis mirip dengan orang introvert. Orang dengan kepribadian ini biasanya perfeksionis dan sangat teliti. Namun, orang dengan kepribadian melankolis sangat mudah pesimis dan perasa

Koleris

Orang dengan kepribadian koleris biasanya merupakan orang yang sangat ambisius dan bersifat dominan ketika berasama orang lain. Mereka memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mudah memengaruhi orang lain.  Oleh karena itu, biasanya orang koleris memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Namun, orang dengan kepribadian ini biasanya keras kepala dan egois.

Plegmatis

Orang yang bersifat plegmatis biasanya tidak menyukai keramaian dan termasuk individu yang introvert. Orang dengan kepribadian ini umumnya sangat tenang sehingga dapat mudah berpikir dengan kepala dingin. Selain itu, kepribadian plegmatis termasuk ke dalam orang yang setia. Namun, orang dengan kepribadian ini sangat tidak menyukai konflik, sehingga akan sangat sulit untuk menolak permintaan orang lain.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top