Kampoong Hening

Menerapkan Mindful Listening yang Benar, Bagaimana?

Komunikasi selalu menjadi hal penting dalam kehidupan kita. Komunikasi membantu kita untuk turut terlibat dalam alur informasi yang terjadi selama hidup. Pada era sekarang, begitu banyak distraksi yang terjadi ketika melakukan komunikasi. Distraksi ini dapat berasal dari lingkungan sekitar kita termasuk smartphone yang kita. Dalam mereduksi distraksi-distraksi yang mungkin terjadi, terdapat sebuah teknik mindfulness yang disebut mindful listening. Mindful listening dilakukan dengan menaruh fokus pada saat mendengarkan tanpa terdistraksi supaya dapat membantu kita dalam menangkap informasi yang disampaikan. Lantas, bagaimana cara kita dapat melakukan mindful listening?

Membuat Situasi Minim Distraksi

Ketika berkomunikasi dengan seseorang, tentunya minim distraksi dapat membantu kita menerima informasi dengan baik. Terlebih apabila informasi yang disampaikan merupakan informasi penting. Tentunya tidak ada yang mau tertinggal atau salah menangkap informasi penting bukan? Distraksi dari lingkungan sekitar memang sulit untuk dikontrol. Namun, kita dapat membuat situasi yang mereduksi adanya distraksi-distraksi yang tidak diinginkan. Hal ini seperti pemilihan tempat untuk mengobrol dan jauhkan diri dari barang elektronik yang dapat menjadi distraksi.

Hargai Lawan Komunikasi

Ketika banyak sekali distraksi, tentu sulit bagi kita untuk menaruh fokus mendengarkan lawan komunikasi. Selain tidak baik dalam komunikasi itu sendiri, hal ini juga tidak baik secara etika. Namun, ketika kita mencoba untuk menaruh mindset untuk menganggap lawan bicara kita ini penting dan harus dihargai. Hal ini akan membaut kita memprioritaskan perhatian pada lawan bicara dan membuat kita dapat menerima informasi dengan baik

Mengerti Diri Sendiri

Upaya mengenal dan mengerti diri sendiri merupakan salah satu aspek dari kecerdasan emosional. Ketika lebih mengenal diri, empati diri kita akan meningkat. Hal ini akan membuat kita semakin bisa menempatkan diri dalam menerima, dan merespon informasi yang kita dapatkan melalui komunikasi.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top