Kampoong Hening

Menerapkan Mindful Eating. Bagaimana?

Tentu kalian sudah mengenal apa itu mindful eating. Salah satu metode mindfulness yang tidak hanya bermanfaat secara mental, tapi juga bermanfaat secara fisik. Namun memang perlu diakui, makan menjadi satu kebiasaan dalam hidup yang sulit untuk dirubah. Kehilangan sedikit motivasi atau motivasi yang lemah dapat mengembalikan pola makan berlebih yang sudah biasa dilakukan. Bahkan dengan menerapkan mindful eating, tetap sulit untuk mengubah hal yang sudah menjadi kebiasaan. Lantas, apakah cara-cara yang dapat dilakukan dalam menerapkanĀ mindful eating?

Kendalikan Porsi Sedikit Demi Sedikit

Ketika memulai mindful eating, mungkin akan sulit untuk langsung pola makan yang biasanya. Ketika terbiasa makan dalam porsi yang banyak, mulailah perlahan mengurangi jumlah porsi yang dimakan. Pun ketika terbiasa makan dalam porsi yang sedikit, perlahanlah menambah porsi makanan yang dimakan. Hal ini penting dalam mengontrol jumlah asupan makanan yang masuk ke tubuh.

Makanlah dalam Keadaan Tidak Terlalu Lapar

Ketika terlalu lapar, tanpa disadari pasti kita akan memakan makanan yang tersedia dalam jumlah banyak. Oleh karena itu penting untuk makan dalam keadaan tidak terlalu lapar, sehingga kita dapat mengontrol jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh sembari menikmatinya. Hal ini dapat diterpkan dengan menetapkan waktu makan yang teratur.

Pilahlah Makanan yang Kamu Makan

Memilah makanan maupun bahan makanan yang kita makan penting dalamĀ mindful eating. Hal ini karena selain menjaga pola makan dalam hal porsi, kita juga harus menjaga nilai gizi dari makanan yang kita makan. Hal ini karena ketika kita sudah mencoba menjaga porsi, ketika yang masuk adalah junk food maka tetap akan sia-sia.

Libatkan Semua Indera Saat Makan

Ketika makan, libatkan semua indera yang kita punya. Hal ini akan membantu kita dalam menghargai segala bentuk makanan yang kita makan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top