Kampoong Hening

Lelah Tidur dengan Overthinking? Begini Mengatasinya!

Pernahkah kamu kesulitan untuk tidur padahal badan sangat lelah setelah beraktivitas? Mencoba untuk tidur, namun pikiran melayang kemana-mana. Hal ini membuatmu yang sudah siap untuk tidur menjadi tidak bisa tidur. Pekerjaan yang belum selesai, tugas esok hari, masalah yang tak kunjung kelar, pikiran tersebut menghantui di jam tidurmu. Hal ini membuatmu baru bisa tidur sangat larut. Inilah yang menyebabkanmu merasa lemas dan kurang berenergi. Ini sebenarnya pernah dialami oleh hampir setiap orang yaitu mengalami gangguan tidur. Lalu, bagaimana mengatasinya?

Tulis Apa yang Dipikirkan

Biasanya dengan cara menulis, seseorang bisa merasa lebih tenang. Berpikir yang berlebihan dapat mengakibatkanmu merasa stres dan kesulitan untuk fokus. Nah, jika kamu rutin menuliskan hal-hal yang menjadi pikiranmu, itu mampu membantumu dalam melepaskan diri dari pola pikir yang menggebu. Menulis adalah salah satu cara yang efektif untuk menuangkan segala pemikiranmu yang sering muncul di malam hari. Cobalah melakukan hal ini setiap hari dan lihat perkembangannya, bagaimana pengaruhnya terhadap overthinking yang selama ini kamu alami di malam hari.

Menceritakan Hal yang Kamu Pikirkan

Cobalah ceritakan hal-hal yang menjadi kegelisahanmu selama ini kepada orang-orang yang kamu percayai. Bisa bercerita ke temanmu, saudaramu, orangtua atau yang lainnya. Biasanya setelah bercerita ke orang lain, kamu akan bisa merasa lebih tenang dan lega. Ketika yang terjadi adalah respons yang negatif dan gak sesuai dengan harapanmu, maka bersabarlah saja. Mungkin memang kamu belum menemukan orang yang tepat untuk berkeluh kesah. Tapi, jangan bersedih, karena pasti akan ada orang yang bisa meresponsmu dengan baik ketika kamu mengungkapkan hal-hal yang menjadi kegelisahanmu.

Pikirkan Hal yang Sering Muncul

Cobalah untuk memikirkan hal-hal yang sering muncul dalam pikiranmu ketika malam hari. Hal-hal yang sering membuatmu susah untuk tidur itu. Kemudian, luangkanlah waktu pada pagi, siang, atau sore hari. Nah, cobalah renungkan tentang hal-hal yang bisa membuatmu merefleksikan diri.

Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Perbaiki hal-hal yang berhubungan dengan fisikmu seperti melakukan olahraga dengan rutin dan teratur, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, banyak minum air mineral dan sebagainya. Hal tersebut penting, karena selain masalah overthinking, hal-hal terkait kesehatan fisik juga memengaruhi pola tidur dan pola pikir kamu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top