Kampoong Hening

Lebih Mengenal Mindfulness dan Cara Melatihnya

Tentu kita sudah tidak asing dengan istilah mindfulnessAdakalanya, dalam menjalani keseharian kita memerlukan rehat sejenak dan beristirahat dengan tenang. Hal ini diperlukan untuk mengendalikan tekanan yang dialami kita sehari-hari. Mindfulness merupakan salah satu metode yang dapat dilakukan. Mindfulness merupakan suatu metode dimana kita menyadarkan diri atas diri kita sendiri dan segala sesuatu yang terjadi disekitar kita, dan menerima tanpa menghakiminya. Melakukan mindfulness selama beberapa menit setiap harinya dapat membantu merawat kesehatan mental serta membantu mengurangi stres yang kita alami. Terlebih, apabila kita memiliki banyak beban kerja dalam keseharian kita.

Selain bermanfaat untuk kesehatan mental kita, mindfulness juga dapat melatih pikiran dan juga fokus kita. Minfulness juga membantu dalam membuat kita mencintai diri sendiri. Karena dengan melakukan mindfulness membantu kita untuk lebih mengenal dan juga membuka diri. Lantas, bagaimanakah cara kita melakukan mindfulness dalam keseharian kita?

Jalan Kaki

Berjalan kaki menjadi salah satu pilihan ketika melakukan mindfulness. Ketika berjalan kaki, memerhatikan sekeliling, disinari hangatnya sinar matahari, dan ditemani suara-suara sekeliling kita. Hal penting ketika melakukan hal ini adalah kita jangan sampai berinteraksi dengan handphone ya.

Meditasi

Mindfulness juga dapat dilakukan dengan bermeditasi. Meditasi termasuk metode yang mudah dilakukan, karena jika tidak mengetahui cara bermeditasi yang benar, sudah banyak aplikasi yang dapat digunakan. Metode ini sangat cocok digunakan ditengah pandemi seperti sekarang ini karena harus membatasi interaksi dengan orang lain.

Memandang Langit

Memandang langit terkadang memberi suasana yang sangat positif dan menenangkan. Ketika waktu luang di pagi, siang, sore, atau malam hari sempatkanlah untuk melakukan hal ini. Memandang awan, bintang, dan bulan dapat menjadi metode mindfulness yang baik.

Mengatur Pernafasan

Ketika menghadapi situasi langsung yang membuat peningkatan tingkat stres, cobalah mengatur pernafasan. Hal ini dapat membantu menenangkan dan mengendalikan diri disituasi stres. Cobalah untuk melakukan hal ini dengan posisi yang nyaman.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top