Kampoong Hening

Guna Praktik Mindfulness di Tengah Pandemi Covid-19

Hidup di era pandemi Covid-19 sungguh penuh ketidakpastian. Mungkin saja hari ini kita dapat bebas berkegiatan karena angka positif Covid-19 menurun. Namun, bisa saja keesokan harinya kita tidak dapat berkegiatan karena tiba-tiba angka positif Covid-19 meningkat kembali. Belum lagi varian baru yang terus bermunculan dan orang-orang yang tidak patuh dengan protokol kesehatan. Berada di era ini dapat berdampak bagi kesehatan mental kita. Kurangnya kontak sosial dengan dunia secara bekepanjangan dapat dengan perlahan menyebabkan depresi pada diri kita. Oleh karena itu, sangat penting di era ini untuk kita lebih memerhatikan kesehatan mental pada diri kita.

Melakukan mindfulness sangat berguna untuk memelihara kesehatan mental ditengah pandemi Covid-19. Hal ini karena mengaplikasikan mindfulness dapat membuat kita jauh lebih tenang. Mindfulness sangat membantu di era ini karena sangat mudah dilakukan. Walaupun mudah, mempraktikan mindfulness di era pandemi ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah focus. Fokuslah dengan hal utama yang kita kerjakan tanpa terbayang-bayang dengan masalah lain. Kedua dalah acknowledge, yaitu membiarkan pikiran untuk dapat bekerja seperti biasa tanpa terbebani pikiran negatif. Ketiga adalah engageyaitu menjalankan aktivitas dengan tingkat kesadaran tinggi terhadap kondisi sekitar. Keempat dan yang terakhir adalah comeback, yaitu kembali dan mengenal kebutuhan diri kita, berkegiatanlah dengan kebutuhan diri yang terpenuhi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top