Kampoong Hening

Waspadai Gejala Stres! Dimanakah Tingkat Stres Anda?

Stres merupakan salah satu elemen yang tidak dapat lepas dari kehidupan kita sebagai umat manusia. Tuntutan dalam hidup tentunya menjadi faktor utama penyebab dari stres itu sendiri. Tak kenal umur, stres dapat dialami oleh anak-anak, remaja, dewasa, bahkan yang sudah lanjut usia. stres dapat menjadi sesuatu yang membahayakan apabila terlalu banyak dialami oleh seseorang karena akan memengaruhi kondisi fisiologis dan juga psikologis orang tersebut. Oleh karena itu, penting bagi diri kita untuk mengetahui gejala-gejala stres yang terjadi pada diri kita supaya dapat mengetahui dimanakah tingkat stres yang sedang kita alami.Stres berlebih

Berikut adalah tingkatan stres yang dapat kita kenali dari gejala yang terjadi pada diri kita.

Stres Ringan

Stres ringan adalah stres yang umum terjadi pada manusia setiap harinya. stres ringan biasa terjadi karena aktivitas sehari-hari dan hanya berlangsung beberapa menit sampai beberapa jam saja. Umumnya, tingkat stres ini tidak akan memengaruhi kesehatan fisiologis dan juga psikologis seseorang, kecuali dialami terus menerus dengan intensitas yang sangat sering.

Stres Sedang

Stres sedang terjadi lebih lama dari stres ringan. Umumnya, stres sedang dapat terjadi sampai beberapa hari. Tingkatan stres ini dapat memengaruhi kondisi fisiologis dan psikologis seseorang, seperti gangguan pada lambung dan usus, ketegangan pada otot, gangguan pola tidur, serta daya konsentrasi dan daya ingat yang menurun. Stres pada tingkatan ini biasanya dialami bagi seseorang yang memiliki beban kerja berlebih, kurang puas dengan pekerjaan yang dikerjakan dan berharap pekerjaan baru, dan jauh dari anggota keluarga dalam waktu yang cukup lama.

Stres Berat

Stres berat dapat dialami seseorang dalam kurun waktu yang cukup lama, bahkan dapat terjadi sampai beberapa tahun. Stres berat dapat membuat emosi, perilaku, kemampuan berfikir, dan kesehatan seseorang menjadi tidak stabil. Orang yang mengalami stres di tingkat ini sangat disarankan untuk segera berkonsultasi dengan psikolog, karena apabila tidak tertangani dengan baik dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Orang dengan tingkatan stres berat biasanya mudah untuk gelisah dan frustasi, lebih sensitif sehingga sangat mudah tersinggung, tingkat ketidak percayaan dirinya meningkat, kerap murung, mengalami insomnia, dan nafsu makannya rendah.

Itulah tingkatan stres yang dapat kita identifikasi dari gejala-gejala yang dialami. Dengan mengatahui tingkatan stres yang sedang dialami, harapannya dapat membantu Anda atau orang terdekat dalam mengatasi stres yang dialami.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top