Kampoong Hening

Suasana Hati Seringkali Berubah? Mungkin ini penyebabnya!

Suasana hati yang berubah-ubah akrab kita kenal dengan sebutan mood swing. Hal ini terkadang normal terjadi pada diri kita, terutama ketika mendapatkan kabar yang sangat tidak mengenakan bagi diri kita. Suasana hati segembira apapun tentunya akan berubah. Namun, terkadang ada yang mengalami perubahan suasana hati yang signifikan tanpa sebab. Selain perubahan suasana hati yang tidak teratur, biasanya juga diikuti dengan emosi yang tidak stabil atau mudah tersinggung, gangguan tidur, dan gangguan hubungan sosial dengan lingkungan sekitar. Ditingkatan yang lebih parah, kondisi ini dapat membuat kita melukai diri sendiri. Namun, perlu diketahui bahwa mood swing tidak melulu dapat kita kaitkan dengan gangguan kesehatan mental. Lalu, apa saja kah yang dapat menjadi menyebab kita mengalami mood swing?

Mengidap Penyakit Organik dalam Tubuh

Orang-orang yang mengidap penyakit organik dalam tubuh seringkali mengalami mood swing yang tidak teratur, hal ini dapat disebabkan karena penyakit organik seringkali memengaruhi produksi neurotransmitter yang ada di dalam otak. Penyakit organik yang dimaksud contohnya seperti stroke, meningitis, dan penyakit jantung.

Hormon Tubuh

Perubahan suasana hati yang tidak teratur juga dapat disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh, yaitu hormon estrogen. Hormon estrogen memengaruhi produksi dan efektivitas dari endorfin. Endorfin merupakan salah satu unsur pada otak yang memengaruhi rasa nyaman dan kesenangan. Biasanya yang mengalami kondisi ini adalah remaja dan ibu hamil.

Zat Kimia Otak yang Tidak Seimbang

Keberadaan serotonin, dopamin, dan neurotransmitter sangat berpengaruh pada emosi dan juga pola pikir manusia. Oleh karena itu, apabila terdapat ketidakseimbangan zat kimia tersebut, akan sangat memengaruhi perubahan suasana hati kita.

Gangguan Kesehatan Mental

Perubahan suasana hati yang tidak teratur, dapat juga disebabkan oleh gangguan kesehatan mental. Contohnya seperti depresi, gangguan bipolar, dan skizofrenia.

Itulah penyebab dari suasana hati yang sering berubah-ubah. Apabila anda mengalaminya sampai memengaruhi kehidupan sehari-hari anda, ada baiknya untuk segera mengkonsultasikannya kepada tenaga medis. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top