Kampoong Hening

Minfulness sebagai Langkah Mengendalikan Emosi

Emosi merupakan bentuk ekspresi dari perasaan yang muncul akibat interaksi terhadap sesuatu atau seseorang. Simpelnya, emosi adalah bentuk dari reaksi yang kita tunjukkan kepada suatu kejadian. Terdapat berbagai macam emosi, dari emosi positif yang membuat gembira sampai emosi negatif yang membuat sedih. Emosi berperan penting dalam membantu memecahkan suatu permasalahan. Hal ini karena emosi memberikan motivasi bagi seseorang dalam merespon permasalahan yang ada. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk tetap menjaga emosi positif dalam diri kita.

Emosi seringkali disamakan dengan suasana hati. Bahkan, banyak orang mengartikan kedua hal tersebut adalah sama. Walaupun sekilas sama, kedua kata tersebut memiliki perbedaan. Emosi biasanya berlangsung tidak lama, hal ini karena emosi merupakan respon terhadap suatu kejadian. Sedangkan, suasana hati biasanya berlangsung lama, dan bukan muncul akibat respon dari suatu kejadian.

Penting bagi kita untuk dapat mengelola emosi. Memiliki emosi yang positif sangat bermanfaat bagi kita dalam aktivitas sehari-hari. Selain bermanfaat sebagai motivasi untuk mengambil tindakan, emosi juga bermanfaat ketika berkomunikasi dan mengambil keputusan.

Mindfulness merupakan salah satu metode untuk dapat mengendalikan emosi. Praktik mindfulness membuat kita sadar akan apa yang kita alami dan menerimanya. Ketika melakukan mindfulness, pastikan seluruh indera merasakan apa yang ada disekitar seperti aroma, terpaan angin, rasa yang diterima oleh lidah, dan lainnya. Biarkan segala bentuk emosi negatif mengalir bersama angin yang kita hirup dan keluarkan. Dengan melakukan hal tersebut, diri akan lebih tenang serta mengurangi emosi negatif yang ada pada diri. Ketika sudah terbiasa melakukan mindfulness, kecerdasan emosional kita juga akan meningkat. Hal ini membuat kita lebih dewasa dalam bersikap dan merespon kejadian-kejadian yang ada. Sehingga ketika kita terpancing emosi, tentu kita sudah lebih siap dalam mengelola emosi yang muncul.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top