Kampoong Hening

Manfaat Mindfulness dalam Menjalin Hubungan

Dalam menjalani suatu hubungan, tentu kita semua mengalami situasi naik dan juga turun. Hal ini disebabkan  tekanan dalam kehidupan yang kadang membuat stres dan juga emosi tidak stabil. Ketika emosi sedang dalam keadaan tidak stabil, tentunya hal ini membuat respon kita terhadap tingkah laku pasangan sulit untuk dikendalikan. Terkadang kita bereaksi berlebihan atas tindakan pasangan kita akibat luapan emosi atas tekanan dari aktivitas sehari-hari. Mindfulness merupakan hal yang sangat penting disaat seperti ini. Mindfulness merupakan suatu metode yang dapat membantu kita mengendalikan emosi kita dengan penuh kesadaran. Lantas apa saja manfaat mindfulness ketika kita sedang menjalin hubungan?

Membangun Hubungan yang Lebih Sehat

Ketika menjalin suatu hubungan, tentu kita berekspektasi pasangan kita adalah tempat kita untuk pulang ketika memiliki masalah. Namun, hubungan tidak selalu dalam kondisi sehat. Terkadang, tindakan kita terhadap pasangan melibatkan emosi negatif. Hal ini lah yang membuat suatu hubungan dapat menjadi tidak sehat. Praktik mindfulness dapat membuat hubungan kita lebih sehat karena apabila perilaku kita penuh kesadaran, kita akan cenderung berperilaku dengan lebih logis.

Membantu Meredakan Emosi Negatif

Dalam suatu hubungan, tentunya emosi menjadi suatu hal yang sangat penting. Ketika kita cenderung dikuasai oleh emosi negatif, tentu apa yang  kita lakukan akan berkesan kurang baik. Sudah banyak hubungan berada dalam keadaan toxic relationship akibat terlalu banyak terkonsumsi oleh emosi negatif. Oleh karena itu mindfulness penting ketika menjalani hubungan. Melatih mindfulness membantu meningkatkan kecerdasan emosional kita, sehingga kita tidak akan mudah dikuasai oleh emosi negatif.

Membantu dalam Pemecahan Masalah

Masalah adalah suatu hal yang tidak dapat dihindarkan dari suatu hubungan. Walaupun kecil, masalah jika dibiarkan dapat menjadi duri dalam suatu hubungan. Dengan mindfulness, akan mempermudah mengkomunikasikan suatu masalah dari hati ke hati bersama pasangan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top