Kampoong Hening

Dapat Dialami Berbagai Usia, Inilah Faktor Penyebab Depresi

Depresi merupakan sebuah kondisi dimana seseorang mengalami gangguan kesehatan mental. Orang yang mengalami depresi cenderung akan terus merasa sedih dan selalu merasa tertekan. Selain itu, orang yang mengalami depresi juga akan cenderung kehilangan minat untuk melakukan suatu hal. Tanda lainnya orang mengalami depresi diantaranya adalah mudah tersinggung, gangguan waktu tidur, berat badan berubah drastis, kecemasan berlebih, sulit berkonsentrasi, dan bahkan dikondisi yang sudah parah, depresi dapat membuat kita berpikir untuk menghakhiri hidup.

Depresi dapat terjadi disegala usia. Anak-anak, remaja, bahkan lansia dapat terkena depresi. Pada anak-anak, depresi ditandai dengan sedih dan mudah tersinggung yang berlebih, kekurangan berat badan, dan menolak pergi ke sekolah. Pada remaja, depresi dapat ditandai dengan sering membolos sekolah, menyakiti diri sendiri, dan menghindari interaksi sosial. Sedangkan pada lansia, depresi dapat ditandai dengan memori yang samar, perubahan kepribadian, dan lebih sering ingin tinggal dirumah. Lantas, sebenarnya apa faktor utama yang menyebabkan orang dapat terkena depresi?

Trauma

Trauma dapat menjadi faktor yang sangat berpengaruh terhadap depresi, terutama trauma masa kecil. Hal ini dapat berupa kekerasan fisik, kekerasan seksual, ataupun perpecahan keluarga.

Faktor Genetik

Faktor genetik juga dapat menjadi faktor utama terjadinya depresi. Ketika kita berada pada keturunan yang memiliki riwayat depresi, maka hal itu akan lebih mudah terjadi pada kita.

Konsumsi obat-obatan Tertentu

Mengkonsumsi obat-obatan dapat menjadi salah satu faktor depresi. Hal ini dikarenakan beberapa obat resep dokter dapat meningkatkan kemungkinan kita mengalami depresi. Selain itu, Penyalahgunaan obat-obat terlarang juga dapat meningkatkan risiko kita mengalami depresi.

Faktor Lingkungan

Lingkungan sekitar dapat menjadi salah satu faktor kita mengalami depresi. Salah satu contohnya adalah lingkungan pekerjaan. Beban kerja yang menumpuk dan tidak kunjung usai dapat menjadi salah satu penyebab orang mengalami depresi. Selain itu, lingkungan keluarga dan juga sekolah yang tidak baik dapat menjadi salah satu penyebabnya juga.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top