Kampoong Hening

Mindfulness dan Meditasi, Yuk Kenali Perbedaannya!

Tentu kebanyakan dari kita sudah tidak asing dengan mindfulness dan meditasi. Dua hal tersebut merupakan kegiatan yang dapat membantu kita untuk mengurangi stres yang kita alami. Stres adalah hal yang wajar dialami seseorang akibat beban dari aktivitas yang sehari-hari kita lakukan. Banyak orang yang salah mengartikan meditasi sebagai mindfulness dan sebaliknya. Serupa tapi tak sama, kedua hal tersebut merupakan dua hal yang berbeda. Lantas, apakah yang membedakan mindfulness dan meditasi?

Mindfulness merupakan salah satu aspek dari meditasi. Walaupun berbedam kedua hal ini merupakan satu kesatuan. Namun, terdapat beberapa aspek lain yang membuat meditasi berbeda dengan mindfulness. Salah satunya adalah konsentrasi. Ketika melakukan meditas, ketika kita kehilangan konsentrasi sedetikpun, pikiran kita akan langsung buyar dan mengembara kemana-mana.

Mindfulness dapat dilakukan secara formal maupun informal. Berbeda dengan meditasi, banyak hal dalam keseharian kita dapat kita praktikan sebagai mindfulness. Contohnya adalah pada saat makan, berjalan, bahkan terkadang ketika kita bercakap dengan seseorang, kita dapat melakukannya dengan mindfulness.

Mindfulness merupakan kualitas, sedangkan meditasi adalah kualitas. Berbeda dengan meditasi, mindfulness dapat tumbuh dengan kita menaruh perhatian pada aktivitas yang kita lakukan tanpa menghakiminya. Sedangkan meditasi dilakukan membutuhkan praktik metode yang harus dilatih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top