Kampoong Hening

Menerapkan Mindfulness Saat Bekerja, Bagaimana?

Dalam melakukan pekerjaan, tentu kita pernah menemui berbagai jenis permasalahan. Permasalahan yang mau tidak mau, suka tidak suka harus kita selesaikan. Seringnya bertemu dengan masalah tentu membuat beban kerja kita meningkat. Hal ini dapat menjadi salah satu hal yang dapat menyebabkan stres. Dengan melakukan mindfulness ketika bekerja, dapat membantu kita dalam menurunkan tingkat stres akibat pekerjaan. Bagaimanakah kita dapat menerapkan mindfulness ketika di tempat kerja?

Makanlah Secara Perlahan

Ketika sudah memasuki jam makan, janganlah menunda waktu untuk makan sehingga membuat makanmu terburu-buru. Makanlah dengan perlahan sembari menikmati cita rasa, aroma, dan tekstur makanan. Pastikan seluruh indera aktif untuk menikmati waktu-waktu ini.

Fokus pada Satu Pekerjaan

Ketika berkerja, tidak dapat dipungkiri bahwa kita harus melaksanakan banyak hal. Namun penting untuk mengurangi melakukan multi tasking. Hal ini karena melakukan beberapa hal secara bersamaan dapat menurunkan produktivitas kerja kita. Cobalah untuk menaruh fokus kerja pada satu perkerjaan dan ketika sudah selesai, baru beralih ke pekerjaan lain.

Praktik Teknik Pernafasan

Ketika sedang senggang, luangkanlah waktu untuk melakukan teknik pernafasan. Hal ini akan sangat membantu menenangkan pikiran ditengah beban kerja yang sangat berat. rasakan setiap udara yang masuk dan keluar melalui rongga hidung dan mulut.

Mengamati Lingkungan Sekitar

Cobalah luangkan waktu untuk mengamati objek di lingkungan sekitar ketika sedang bekerja. Ambilah satu objek dan fokuslah kepada objek tersebut. Hal ini selain menenangkan, juga membantu meningkatkan fokus saat bekerja.

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top